Kuliah Umum: Psikologi Kepribadian Islam
Kuliah Umum: Psikologi Kepribadian Islam

Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung pada hari Jumat, 05 Juli 2024  mengadakan kuliah umum yang bertempat di aula Gedung PPG kampus II UIN Sunan Gunung Djati Bandung,  dengan tema Psikologi Kepribadian Islam dilihat dari persepktif Konsep, Pengukuran dan Tantangan. Kuliah umum ini dimulai pada pukul 09.30 WIB sampai dengan 11.00 WIB, tentunya demi standarisasi kualitas materi Fakultas Psikologi menghadirkan pembicara yang profesional dalam bidangnya yaitu Prof. Dr. Abdul Mujib, M.Ag., M.Si dan Prof. Dr. Hj. Ulfiah, M.Si., CPCE., MCE,. Kuliah umum yang dibawakan oleh moderator pada hari ini yakni Riana Asep Lesmana, M.Psi, Psikolog, terlihat begitu cair dan tidak monoton.

Pada kesempatan ini, Wakil Dekan I Fakultas Psikologi Dr. H. Irfan Fahmi, M.Psi, Psikolog, juga sebagai Ketua Panitia Pelaksana Kegiatan ini menyampaikan bahwa tujuan dari dilaksanakannya kuliah umum sebagai bagian dari salah satu cara agar mahasiswa dapat memahami pengembangan keilmuan psikologi, khususnya psikologi kepribadian Islam dalam upaya untuk menggali lebih dalam tentang Psikologi Kepribadian Islam. Selain itu, Wakil Dekan I juga mengajak para mahasiswa untuk termotivasi dalam peningkatan mutu kualitas Sumber Daya Manusia Mahasiswa di lingkungan Fakultas Psikologi sehingga bisa selaras dengan tujuan yang diharapkan.

Tidak hanya itu, Dekan Fakultas Psikologi, Prof. Dr. Hj. Ulfiah, M. Si., CPCE., MCE, turut menguatkan dalam sambutannya bahwa tema yang diangkat dalam kuliah umum ini adalah tema yang sangat penting untuk menjawab tantangan dalam perkembangan ilmu Psikologi Islam yang selama ini masih terpaku pada penerapan konsep kepribadian Barat saja. Sehingga, perlu ada pembanding dengan konsep keilmuan Psikologi Islam berdasarkan kajian keislaman. Diharapkan ke depan akan lahirnya alat ukur psikologi kepribadian yg bisa digunakan oleh siapapun sehingga terwujud keilmuan psikologi keislaman yang rahmatan lil’alamin dan terwujudnya Islam yang moderat.

Pada kesempatan ini juga Prof. Dr. Abdul Mujib, M.Ag., M.Si yang juga sebagai Ketua Dewan Pakar Asosisasi Psikologi Islam-Himpunan Psikologi (API-HIMPSI) dalam paparannya menyampaikan bahwa psikologi kepribadian Islam adalah bagaimana kita menguasai konsep manusia berdasarkan kajian keislaman. Karena sebelum teori Psikologi bermunculan di Barat, teori kepribadian sudah muncul lebih dulu di Negara Islam oleh Alghazali dan Ibnu Maskawaih berdasarkan konsep tentang mu’min, muslim dan mukhsin yang lebih general dari konsep-konsep Psikologi Barat.

Oleh karena itu penting bagi para akademisi muslim,  khususnya Mahasiwa Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung yang mempelajari ilmu psikologi untuk lebih fokus mengadakan penelitian dengan alat ukur kepribadian manusia berdasarkan kajian dari Al-qu’ran dan Hadits

WhatsApp
Facebook
Telegram
Email
Print
Twitter

Leave a Reply

Update Terbaru