Sosialisasi Aplikasi Portofolio Mahasiswa (LAPOR) Berbasis Web

(PSIKOLOGI.UINSGD.AC.ID) – Dalam rangka meningkatkan pemahaman mahasiswa psikologi angakatan 2020 terhadap Aplikasi Portofolio Mahasiswa (LAPOR), Wakil Dekan III Fakultas Psikologi UIN Bandung telah melaksanakan sosialisasi Aplikasi Portofolio Mahasiswa Fakultas Psikologi pada Sabtu, (24/4/2021).

Wakil Dekan III Fakultas Psikologi, Irfan Fahmi, menjelaskan kelahiran aplikasi LAPOR didasari fakta bahwa mahasiswa tidak hanya dutuntut dalam segi akademik, tetapi dituntut untuk mengembangkan softskill melalui kegiatan non-akademik. Adanya Aplikasi LAPOR merupakan cara untuk mencatat kegiatan mahasiswa yang bersifat non-akademik, dengan sistem poin.

“Mudah mudahan, dengan ini mahasiswa psikologi selain aktif berkuliah juga aktif berkegiatan, jadi ketika kuliah pusing itu berkegiatan. Jadi, gimana cara supaya mahasiswa psikologi selain kuat dalam akademik, juga kuat dalam kegiatan non-akademik” tambahnya (24/4/2021).

Dalam Aplikasi LAPOR memuat beberapa bidang kegiatan, diantaranya, nalar dan keilmuan, minat dan bakat, organisasi dan kepemimpinan, pengabdian masyarakat, juga bidang kewirausahaan. Dimana setiap bidang ini memiliki minimal poin yang harus dipenuhi mahasiwa dalam satu semester.

Setiap kelipatan sepuluh poin, mahasiswa akan mendapatkan predikat satu bintang silver, dan kelipatan lima puluh poin predikat bintang emas. Predikat perolehan poin mahasiswa adalah gelar keaktifan mahasiswa sebagai penghargaan terhadap perannya dalam aktivitas kemahasiswaan.

Dalam acara ini turut hadir Kaprodi Fakultas Psikologi UIN Bandung, Rosleny Marliani. Menurutnya, dengan adanya aplikasi ini dapat memudahkan pencatatan database mahasiswa. “Kalau ada aplikasi seperti ini merupakan suatu langkah yag luar biasa dan bisa merekam jejak kegiatan mahasiswa yang diikuti. Selamat dengan adanya aplikasi ini, semoga mahasiswa bisa berperan serta dengan aplikasi ini dengan optimal” tuturnya  (24/4/2021).

Aplikasi LAPOR dapat diakses melalui laman psikologi.uinsgd.ac.id, kemudian pilih menu kemahasiswaan, lalu klik Lapor-Portofolio Mahasiswa, klik daftar jika belum mempunyai akun, jika sudah, maka semua fitur dalam Aplikasi LAPOR bisa diakses.

Leave a Reply