Kuliah Umum Fakultas Psikologi yang bertajuk Psikologi Ibadah

Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung kembali menyelenggarakan kuliah umum yang bertajuk Psikologi Ibadah melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting dan live streaming Youtube, Sabtu (20/03/2021). Kuliah umum tersebut menghadirkan tiga narasumber ahli yang berasal dari Universitas Islam Indonesia dan UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Tiga narasumber tersebut, yakni Dr. H. Sus Budiharto, M. Si., Dr. H. Endi, MA dan Dr. Tahrir, M. Si. 

Pada kesempatan tersebut, Dr. H. Sus Budiharto, M. Si memberikan pemaparan mengenai Pengaruh Ibadah Terhadap Pola Pikir, Sikap, dan Perilaku Manusia. Beliau menjelaskan bahwa berbagai macam ibadah seperti sholat, dzikir, puasa, membaca al- quran, zakat serta haji memiliki pengaruh positif terhadap pola pikir, sikap, dan perilaku yang didasari hasil riset yang faktual. Di sela- sela kuliah, beliau juga membuka sesi tanya jawab yang dimanfaatkan mahasiswa untuk memberikan pertanyaan dan terjadi diskusi yang sangat menarik mengenai ibadah yang diharapkan bukan hanya menjadi ritual namun menjadi ibadah yang dapat diresapi oleh batin.

Sejalan paparan materi sebelumnya, Dr. H. Endi, MA memaparkan materi bertemakan “Dari Ritual ke Substansi”. Beliau menjelaskan bahwa ritual ibadah yang dilaksanakan setiap hari harus mampu tercermin pada kegiatan sehari- hari. Beliau mencontohkan bahwa sholat yang diterima adalah sholat yang membumi, jadi salam pada solat yang berarti damai dapat juga diterapkan di kehidupan sehari- hari; menjadi pribadi yang mencintai kedamaian.

Setelah itu, Dr. Tahrir, M. Si memberikan kuliah mengenai Ragam Pengalaman Keberagamaan. Beliau memaparkan bahwa pengalaman keberagamaan bisa dalam bentuk pikiran, emosi, nilai dan relationship. Menurutnya, ada empat jenis-jsnis pengalaman religious yaitu mati suri, pindah agama, pengalaman mistik serta pengalaman meditasi.

Sementara itu, Dekan Fakultas Psikologi UIN Sunan Gung Djati Bandung yang turut hadir pada acara tersebut menyampaikan, bahwa sudah sangat tepat jika UIN Bandung bermitra dengan Universitas Islam Indonesia karena ada banyak program pengembangan psikologi Islam. Kuliah umum yang dihadiri oleh mahasiswa dari berbagai angkatan dan civitas akademik ini dilakukan untuk membekali pengetahuan mendalam khususnya bagi mahasiswa mengenai perkembangan psikologi Islam.

Text box item sample content

Leave a Reply