Rapat Kerja Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung

Pada tanggal 2-4 Februari 2021, Fakultas Psikologi telah menyelenggarakan rapat kerja yang bertajuk “Meningkatkan Sinergitas Civitas Akademika dalam mewujudkan Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM)”. Tema ini diangkat dalam rangka memsosialisasikan dan meningkatkan sinergitas Fakultas Psikologi agar siap dalam mengimplementasikan Merdeka Belajar Kampus Merdeka seperti yang digaungkan oleh Kementrian Pendidikan. Rapat kerja tersebut dibuka oleh Rektor UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Prof. Dr. H. Mahmud, M.Si., yang dalam sambutannya menegaskan mengenai filosofi Prabu Siliwangi yaitu silih asah, silih asih dan silih asuh dalam rangka ikhtiar untuk membesarkan kampus Islam terbesar di Jawa Barat ini. Namun, ternyata hal itu saja tidak cukup, menurut beliau, diperlukan juga filosofi lainnya yaitu silih wawangi yang artinya bahu membahu, bersinergi dan saling mendukung satu sama lain demi kemajuan bersama. Bapak Rektor kemudian menegaskan segala pencapaian prestasi di tingkat universitas tidak terlepas dari konstribusi semua pihak termasuk Fakultas Psikologi yang menuai banyak prestasi baik di tingkat nasional dan internasional. Hal ini juga ditekankan kembali oleh Dekan Fakultas Psikologi, Dr. Agus Abdul Rahman, M.Psi., Psikolog yang dalam sambutannya mengajak semua civitas akademika yang hadir untuk terus meningkatkan prestasi, kinerja dan pelayanannya, salah satunya dengan bersungguh-sungguh dalam mempersiapkan Merdeka Belajar Kampus merdeka atau MBKM.

Dalam rangka persiapan tersebut, Wakil Rektor I UIN Sunan Guning Djati, Prof. Dr. H. Roshihon Anwar, M.Ag, memberikan gambaran umum dalam mengimplentasi MBKM di lingkungan kampus UIN Sunan Guning Djati, dalam pemaparannya beliau menegaskan perlunya persiapan yang matang di tingkat fakultas dan prodi serta pentingnya monitoring dan evaluasi pelaksanaan. Hal ini ditegaskan kembali oleh Prof. Dr. H. Tedi Priyatna, M. Ag., selaku Wakil Rektor II bahwa pentingnya tata kelola peningkatan mutu layanan administrasi sebagai penunjang dalam pelaksaan MBKM. Lebih jauh lagi, hal yang tidak kalah penting dalam pelaksanaan MBKM adalah networking dan kerjasama kelembagaan dalam memasuki era Kampus merdeka, hal ini dipaparkan secara rinci oleh Wakil Rektor IV, Prof. Dr. Hj. Ulfiah, M.Si. Untuk memperoleh gamparan nyata akan pelaksaan MBKM di kampus UIN Sunan Guning Djati, rapat kerja kali ini turut mengundang Dr. Nur Ainy Fardana N., M.Psi., Psikolog yang merupakan Wakil Dekan I Fakultas Psikologi UNAIR Surabaya untuk menjadi narasumber untuk memberikan gambaran pengimplementasian MBKM yang sudah terlebih dahulu dilaksanakan di UNAIR. Terjadi diskusi menarik antara peserta rapat dan narasumber dalam sesi tanya jawab mengenai hal-hal yang berkaitan dengan teknis pelaksanaan MBKM. Salah satunya adalah tentang langkah awal yang bisa dilakukan dalam pengimplementasian MBKM yang salah satunya adalah dengan mempersipkan kesiapan administratif dan teknis bagi mahasiswa di lingkungan UIN Sunan Gunung Djati Bandung agar bisa mengambil kuliah lintas prodi atau jurusan. Lebih jauh lagi, beliau memaparkan bahwa MBKM bisa dilaksanakan mulai dari mahasiswa semester lima dan bisa dilakukan lintas program studi maupun lintas perguruan tinggi baik itu program studi yang sama atau berbeda.

 

Selain itu, di hari kedua rapat kerja tahun akademik 2020/2021 diisi dengan  Pemaparan Program Strategis Fakultas Psikologi Tahun 2021 yang diawali dengan pemaparan dari Dekan Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Dr. Agus Abdul Rahman, M.Psi., Psikolog tentang visi Fakultas Psikologi yaitu unggul dan kompetitif dalam pengembangan psikologi yang berlandaskan nilai-nilai Islam dan kearifan lokal. Kemudian, pemaparan dilanjutkan oleh Wakil Dekan I bidang akademik Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung, Ibu Dr. Nani N. Djamal, M.Pd., M.Psi., Psikolog. Beliau membahas mengenai program prioritas dalam bidang akademik yang berlandaskan pada tri dharma perguruan tinggi untuk mewujudkan visi, misi Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung. Program prioritas tersebut diantaranya adalah publikasi ilmiah, akreditasi, dan juga tentang percepatan guru besar dan keikutsertaan dosen dalam konferensi internasional. Setelah itu, pemaparan dilakukan oleh Wakil Dekan II bidang perencanaan, Keuangan dan SDM  yaitu Bapak Dr. Tahrir, M.Si. Beliau memaparkan program prioritasnya diantaranya adalah Mendorong peningkatan kualifikasi pendidikan dan jabatan fungsional, manajemen informasi fakultas melalui website dan sinkronisasi rencana kegiatan, rencana anggaran dan pelaporan keuangan. Terakhir, presentasi dilakukan oleh Wakil Dekan III bidang kemahasiswaan, Kerjasama dan alumni yaitu Bapak Dr. H. Irfan Fahmi, S.Th.I., S.Psi., M.Psi., Psikolog. Beliau mengungkapkan bahwa pada tahun 2021 ini, bidang kemahasiswaan berencana melakukan pemetaan, pembinaan dan pendelegasian mahasiswa dalam rangka menggali dan mengembangkan potensi yang dimiliki mahasiswa.

Hari ketiga rapat kerja diisi dengan diskusi dan perumusan kembali program prioritas pada masing-masing bidang di Fakultas Psikologi UIN Sunan Gunung Djati Bandung berdasarkan masukan-masukan yang disampaikan oleh para peserta rapat pada hari sebelumnya. Rapat kerja kemudian ditutup dengan kuis yang berhadian doorprize menarik untuk seluruh peserta rapat yang hadir.

 

Leave a Reply